"Hey! I'm Eggy. Thank's for visiting ga je Blog! Please have a seat and make yourself comfy while reading my blog."

Rabu, 14 Juli 2010

Mantra sihir Harry Potter

Tau Harry Potter? bagus-bagus, buat yang ga tau harry potter, gw rasa lo ga gaul deeh, hahaha becanda ko. Novel Harry Potter karya J.K Rowling ini uda di baca ama banyak orang dari berbagai negara, novel-novel yang laris ini juga uda di jadiin film yang ga kalah laris ama novelnya. sebagaimana kita tau Hogwarts adalah sekolah sihir yang ngajarin murid-muridnya dari ngebuat ramuan-ramuan aneh, sampe ngacungin tongkat sihir sambil baca mantra.

Tapi pernah ga si lo kepikiran kalo J.K Rowling itu ternyata ga asal-asalan bikin mantranya? Barusan, gw lagi googling iseng-iseng aja, eh pas gw lagi iseng nulis 'mantra sihir harry potter' trus gw milih link paling atas. Gw baca bentar, gw terkejut, gw langsung lari keluar, trus tereak sekenceng-kencengnya kalo ternyata semua mantra sihir yang digunain di Hogwarts ada origin alias asal-usulnya, dan kebanyakan diambil dari bahasa latin (ya kaga laah, gw masih waras).

Mungkin yang gw tulis di sini ga semuanya, tapi smoga aja bisa nambahin pengetahuan buat lo smua. :D

1. Accio
Mantra ini dipake untuk manggil barang contonya, nunjuk suatu barang pake tongkat sihir sambil bilang "accio", well, barang itu bakal terbang ke arah lo. Kata 'Accio' sendiri berasal dari bahasa latin yang artinya 'aku memanggil'.

2. Aveda Kedavra
Mantra paling jahat yang bisa ngebunuh lawan. Orang tua Harry Potter juga terbunuh oleh mantra ini. Dalam bahasa aramaic 'aveda kedavra' artinya 'i will destroy as i speak'. Bunyinya emang kedengeran kaya 'abracadabra' yang merupakan mantra kuno dari abad kedua yang sering dipake untuk manggil roh halus dan minta perlindungan.

3. Crucio
Ini juga mantra jahat, dan biasanya dipake buat menyiksa. Dalam bahasa latin 'crucio' artinya 'saya menyiksa'.

4. Expecto Patronum
Mantra penghasil patronus, satu-satunya makhluk yang bisa ngusir dementor. Mantra ini diambil dari bahasa latin yaitu 'expecto' yang artinya 'menunggu/berharap' dan 'patronus' yang artinya 'pelindung'. so, arti dari expecto patronum itu kira-kira 'menunggu datangnya pelindung'.

5. Expelliarmus
Ini nih mantra yang sering dipake harry kalo lagi bertempur (baca berantem). Fungsinya untuk ngelepasin tongkat sihir dari tangan lawan. Mantra ini diambil dari bahasa latin 'expellere' yang artinya 'mengeluarkan atau melepaskan', dan 'armus' yang artinya 'senjata'.

6. Impedimenta
'Impedimenta' dalam bahasa latin artinya 'halangan'. Mantra ini bisa dipake untuk bikin rintangan demi memperlambat pergerakan musuh.

7. Lumos
'Lumos' itu artinya 'cahaya'. Mantra ini yang dipake kalo mau bikin ujung tongkat sihir biar bisa nyala kaya lilin.

8. Rictusempra
'Sempra' berasal dari kata 'sempre' yang artinya 'selalu', sedangkan 'rictum' artinya 'mulut atau rahang yang terbuka'. Rictusempra dipake untuk bikin musuh jadi ketawa terus-terusan.

9. Sectumsempra
Mantra ini justru sangat berbeda dengan rictusempra. Efeknya bukan ketawa tapi luka-luka, karna dalam bahasa latin 'sectum' artinya 'melukai atau mencederai'.

10. Stupefy
Ini juga mantra yang sering digunakan saat perang, karna efeknya ga melukai. yaah, cuma bikin bingung ama linglung aja. Wajarlaah, karna dalam bahasa inggris 'stupefy' itu artinya 'linglung'.

11. Wingardium Leviosa
Ini adalah suatu mantra yang diajarkan pada murid-murid Hogwarts di tahun pertama. Fungsinya untuk membuat benda terangkat dan ngambang di udara. Asal katanya adalah gabungan dari bahasa inggris dan latin. Wingardium berasal dari kata 'wing' (bahasa inggris) yang artinya 'sayap', dan 'ardus' (bahasa latin) yang artinya 'langit'. Sedangkan Leviosa berasal dari bahasa latin 'levare' yang artinya 'mengangkat atau mengambil'.

Kalo masih penasaran ama sisanya cari sendiri aja, gw cape nyarinya. Hehehe... :p

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ko cuma baca doang? di komen laaaaah..

Pengen Punya Mobil