"Hey! I'm Eggy. Thank's for visiting ga je Blog! Please have a seat and make yourself comfy while reading my blog."

Sabtu, 24 Agustus 2013

Kenalan Ama Tumblr

Hey, pada post kali ini, gue mau ngebahas tentang perkenalan gue dengan salah satu platform blog yang juga banyak diminati karna tampilannya yang unik dan simpel. Yep, tumblr. Berawal dari rasa kepo gue beberapa hari lalu, okay beberapa minggu lalu. Pernah sih ngeliat tumblr orang lain, tapi bukan cuma itu yang gue pengen liat, gue pengen liat dibalik halaman tumblr itu, gue pengen liat dashboard-nya, atau gue lebih seneng menyebutnya dengan "backstage".

Dan, jadilah gue bikin tumblr dan mondar-mandir di "backstage". Ini dia beberapa hasil kepo gue.

Pertama, sign up. Bro, sis, sign up-nya gampang banget, cuma masukin email, password dan username buat tumblr lo. Setelah sign up, tinggal verifikasi ke email lo, beres deh.






Welcome to the "backstage"! Nah, dashboard ini bentuk dan fungsinya kurang lebih kek timeline twitter, semua post baru dari tumblr yang lo follow, nongolnya disini. Yah, jadi tumblr kira-kira kek hasil perkawinan silang antara blog dan twitter.





Sebagai permulaan, gue nyoba buat nyari tumblr beberapa blogger beken yang juga punya tumblr. Tombolnya ada di sebelah kanan, gambarnya kek gini nih.





Setelah diklik, keluar page kek dibawah ini nih. Lo tinggal masukin username atau url-nya ke kotak yang udah disediain. Apa ngefollownya harus pake cara begitu? Ribet amat. Ya enggaklah, kalo ini kan gue nyari aja disini, kalo lo nemu tumblr orang lain dan pengen banget langsung lo follow, biasanya di page-nya udah ada tombol follow, tinggal klik.





Untuk urusan posting memposting, bisa gue bilang, beda banget ama platform blogspot. Kalo di blogspot, lo mau posting video kek, tulisan lo kek, poto atau apapun lah, semua jadi satu. Kalo di tumblr, semua dibedain. Ada pilihannya di dashboard, gambarnya kek gini.




Nih, gue nyoba buka post untuk teks.





Kek begini deh nongolnya di page utama.





Karena page utamanya masih terlalu standar, gue nyoba nyari gimana caranya buat ngubah layout. Jadi gue nyoba buka menu setting yang ada pada dashboard.




Yep, dengan sigap gue bukain pilihan settingnya satu-satu dan akhirnya ketemu. Gue langsung ganti judul blog tumblr sekalian ganti layout.





Setelah ngeklik customize, keluar dah beginian. Gue pilih themes dan gue buka pilihan kategorinya, gue cobain beberapa layout atau tema yang disediain. Sumpah ya, layout yang udah disediain dari pihak tumblrnya itu keren-keren. Ada beberapa yang bayar sih, biasanya yang keren banget. Tapi seandainya masih kurang puas dengan layout yang disediain, bisa nyari dan download sendiri di google, cuma gue gak tau caranya hahahaha.







Karena tiap layout itu bentuk dan tampilannya beda, gak semuanya nyediain pengaturan kek gini.





Hmmm, menurut gue tumblr itu menarik juga kok, cocok buat kalian yang seneng sharing di blog dengan cara yang simpel. Tumblr juga punya fitur reblog, lo tau, semacam retweet gitu di twitter. Gak perlu takut dibilang plagiat karena maen copas dari blog orang, reblog ini tetap mencantumkan pemostingnya, seperti gue bilang tadi, kek retweet.

Yah, begitu aja perkenalan gue dengan tumblr. Lo punya tumblr juga? Mau follow-followan ama gue? Atau punya tips buat para pengguna tumblr? Komen aja okay? Oh iya, ini tumblr gue http://cupcupwauwau.tumblr.com/ masih sepi hahahaha.

Okay, sampai ketemu di post berikutnya. Bye~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ko cuma baca doang? di komen laaaaah..

Pengen Punya Mobil