"Hey! I'm Eggy. Thank's for visiting ga je Blog! Please have a seat and make yourself comfy while reading my blog."

Kamis, 25 Agustus 2011

Mudik Ke Kampung Orang Laen

Mudik lebaran. Kayanya udah jadi rutinitas orang Indonesia menjelang lebaran. Kalo menurut gue secara pribadi, kayanya cuma orang Indonesia aja yang kalo mau menyambut hari raya Idul Fitri pada pulang kampuang. Katanya para pemudik, mereka pengen silaturahmi sekaligus maaf-maafan. Sebenernya, kalo niatnya cuma buat silaturahmi atau maaf-maafan, kenapa harus nunggu lebaran? Kan bisa kapan aja. Tapi biar bagaimana pun, mudik emang wajib, kudu, harus deh pokoknya buat orang Indonesia.

Yep! Dan hal itu juga yang membuat pembantu di rumah gue minta izin buat bertemu keluarga di kampungnya, Magelang. Biasanya, setiap pembantu yang kerja di rumah gue di setiap mudiknya itu ga pernah balik lagi ke rumah gue, alasannya? Karna mau kawin. Klasik. Tapi kali ini, nyokap udah punya taktik. Begini taktiknya. Kalo lo mau nyatet juga boleh. Sehari setelah pembantu gue minta izin, nyokap nyamperin ke kamer pembantu. Simpel, nyokap cuma ngajak ngobrol pembantu gue, sekaligus mancing pembantu buat curhat pas lagi mudik. The "mission" is, pendekatan dengan si pembantu (bukan, bukan pendekatan sebelum pacaran, gile aje lu) agar dia merasa betah kerja di rumah gue, dan ngerasa punya majikan yang baik dan ramah. Alasan kenapa nyokap sampe bikin taktik kaya gini itu karna sekarang ini nyari pembantu yang baik-baik dan sesuai kriteria itu sangat, sangat, sangatlah sulit. Yeah, it soooooo difficult.

Gue ngeliatin dari luar kamer. Pembantu gue curhat ke nyokap tentang suka duka dia dan temen-temennya saat mudik lebaran. Gue rasa nyokap berhasil menjalankan "mission" nya dengan baik, jadi gue tinggal.

Beberapa saat kemudian, gue balik lagi. Belom nyampe depan kamar pembantu, gue denger nyokap bilang 'haduh, kasian juga ya kamu kalo mudik, gimana kalo tahun ini ibu yang anter kamu mudik pake mobil ibu?' spontan pembantu gue langsung excited dan langsung mengiyakan tawaran itu. Gue yang berdiri deket kamer cuma bisa diem ngedengernya. Gue membeku. Seakan ga percaya dengan apa yang baru gue denger. Seandainya gue punya remote control yang bisa mengatur kehidupan seperti yang ada di film 'click' nya Adam Sandler, pasti udah gue ulang-ulang tuh waktu buat mastiin kalo gue ga salah denger.

Keesokan harinya. Gue nyamperin nyokap yang lagi beresin kamernya. 'Bu, serius tuh mau nganter si mbak pulang kampung?'
'iya, abis ibu kasihan denger cerita dia yang kalo pulang kampung, dia ama temen-temennya patungan buat sewa mobil, yang di isi sampe overload'
'ibu tau kan, suasana mudik ke Jawa itu kaya apa?'
'tau, kan sering liat di tivi' jawab nyokap enteng.
Gue yang denger nyokap ngejawab dengan entengnya itu cuma bisa berdiri kaku. Jelas dari jawaban entengnya itu, dia ga tau kaya apa semerawutnya mudik ke Jawa. Mungkin perlu diketahui bahwa nyokap gw itu gampang kasihan ngeliat orang laen, suka ga tegaan gitu. Dan jelas dia uda kemakan ama taktiknya sendiri. 'Yaudah, tapi ibu uda janji loh sama si mbak, dia uda percaya banget, jangan sampe ga jadi' gue pergi ninggalin kamer nyokap.

Few days later. Nyokap baru tau gimana capeknya mudik ke Jawa dari temen-temen kantornya. Yep, nyokap uda cerita ama temen kantornya tentang rencana nganter pembantu mudik ke Jawa. Mudik ke Jawa ini beda banget dengan mudik ala keluraga gue yang kalo mudik ke Tanjung Priok, Jakarta Utara. Di saat orang Jakarta berbondong-bondong pergi ninggalin jakarta, kita malah melenggang ke Jakarta dengan santai karna jalan sepi (banget). Nyokap sempet punya pikiran buat ngebatalin rencana, tapi gue tetep selalu ngingetin kalo dia uda punya janji dan ga boleh di ingkarin gitu aja.

Well, yeah, akhirnya kita sekeluarga uda fix buat nganter pembantu gue. Dan nyokap juga uda nyewa supir yang uda punya banyak pengalaman nyetir mobil ke Jawa.

Jadi, pesan gue adalah, kalo lo uda berjanji ama seseorang, lo harus berusaha sebisa mungkin buat nepatin janjinya, jangan sampe lo ngebikin orang itu kecewa bahkan sampe ilang rasa percayanya ke lo. 1 lagi. Buat yang lagi pada mudik ke kampung halamannya masing-masing, gue harap bisa lebih berhati-hati. Terutama yang melakukan perjalanan malem, ati-ati di begal. Trus yang naik kendaraan umum ati-ati di hipnotis. Dah, segitu aja pesan gue. Bye.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ko cuma baca doang? di komen laaaaah..

Pengen Punya Mobil