"Hey! I'm Eggy. Thank's for visiting ga je Blog! Please have a seat and make yourself comfy while reading my blog."

Rabu, 16 Januari 2013

Saat Gaul Berubah Menjadi Alay

"Apa yang sekarang dianggap keren, akan dianggap alay di masa yang akan datang"
Yap, that is true. Dan selalu begitu siklusnya. Saat suatu hal lagi tenar-tenarnya dan baru beberapa orang yang punya (jika hal itu barang) atau bisa (jika hal itu kegiatan atau semacamnya) mereka dianggap keren atau gaul, keliatan exclusive aja gitu. Tapi saat hal itu udah pasaran, udah banyak yang punya atau bisa, hal itu mulai dianggap alay dan gak banget, bahkan ditinggalin ama anak-anak gaul terdahulunya.

Contoh simpelnya kaya, nongkrong di Sevel (Seven Eleven). Waktu lagi ngetrend-ngetrendnya, yang ada di dalem pikiran gue, Sevel itu indomaretnya anak gaul, parkirannya aja penuh ama mobil atau motor kece, yaah minimal bersihlah. Bahkan temen gue rela jauh-jauh dari Bekasi buat nongkrong di Sevel daerah jakarta. Gue? Enggak, gue gak pernah ke Sevel, karna tempat itu terlalu gaul buat gue. Gue lebih seneng di rumah atau nongkrong ama temen-temen gaul gue di kampus.



Tapi akhir-akhir ini, Sevel udah gak sekece dulu di mata gue. Gue pernah nanya ke temen gue (yang gaul itu) "hey, lo udah gak ke Sevel lagi?", "Sevel? Ahahaha, gak lah, males, banyak alay", yah, begitulah yang dia bilang. Emang sih, akhir-akhir ini gue pernah ngelewatin salah satu Sevel di Jakarta (gak tau nama daerahnya apa, gue buta daerah-daerah jakarta) dan tempat parkirnya itu penuh bukan sama mobil, tapi sama motor-motor bodong, rongsok, dicat colorful, motor buat balap liar atau apalah itu namanya. Ditambah lagi, Sevel buka cabang dimana-mana, jadi gak exclusive lagi. Gak maksud ngejatohin Sevel ama anak-anak yang biasa nongkrong di sana loooh, ini cuma dari pandangan gue dan lingkungan sekitar gue aja. Nyatanya, temen-temen gue yang gue anggap gaul udah gak mau nongkrong di Sevel lagi.

Atau contoh lainnya, kaya baju-baju Crooz, Dropdead atau baju distro lainnya yang gambar kaosnya kaya monster-monster yang aneh-aneh gitu atau kaos ketek-an nya. Dulu waktu jaman gue SMP sampe SMA masih keren, gue juga pengen banget punya kaos kaya gitu biar keren, tapi sayang, gak pernah kesampean. Gue gak tau mau belinya dimana, gak tau mau minta anterin siapa, gue ini cupu, kebanyakan maen di rumah.



Tapi pas udah masuk kuliah, gue ngerasa kaos-kaos itu udah gak keren lagi. Karena yang make kebanyakan alay-alay atau ababil. Dulu yang make, kaos-kaos itu cuma cowok-cowok sama cewek-cewek yang kece, kulitnya bersih, badannya bagus, pokoknya tipe-tipe anak populer di sekolah atau lingkungannya lah. Sekarang, yang make udah badannya cungkring, dekil, mulutnya kaya sampah gara-gara omongannya gak jauh-jauh dari bersetubuh dan alat kelamin. Pokoknya itu kaos jadi gak keren deh. Gue juga kasian ama distronya, dicap distro labil, gara-gara pemakainya yang kebanyakan ababil.

Gue pernah nyoba ngebuktiin, ini kaos udah gak keren menurut gue aja atau emang pada mikir gitu.
"Cun, lo punya kaos Crooz yang gambar monster-monster gitu?" tanya gue ke Icun pas lagi ngumpul-ngumpul di kampus.
"Punya, tapi udah gak pernah gua pake, paling buat tidur doang" jawab Icun.
"Ahaha gua juga, paling gua pake buat tidur doang, gak buat maen keluar" Igar nyambung.
"Ahaha, emang kenapa?" tanya gue lagi.
"Malu anjing, kaya anak ababil" jawab Icun.
"Kayanya waktu gue SMA itu kaos gaul banget deh" tanya gue lagi.
"Iya sih, tapi sekarang yang make kebanyakan anak-anak ababil" kali ini Igar yang jawab.

See? gak cuma gue yang punya pikiran gitu. Mereka aja sekarang malu kalo keluar pake kaos gambar-gambar yang aneh-aneh gitu. Sebenernya bukan distronya yang salah, tapi kaosnya, eh, bukan deh tapi desain gambarnya, eh, tapi enggak juga sih, apa ababilnya yang salah, dia juga gak salah sih sebenernya, tau dah ah.

Atau anak gaul waktu jaman gue SMP dulu, mereka pasti punya Friendster, temen Friendster nya banyak, testimonials and comments nya banyak, sekali ngirim testimonial bisa 5 sampe 10 kali dengan isi yang sama. Nickname yang dipake gak jelas, campur aduk ada huruf, angka, ama simbol. Di friendsternya selalu ada gambar atau poto-poto idolanya, ada music player-nya, dan description-nya itu super panjang. Makin panjang makin gaul.
Sementara Friendster gue, temennya gak lebih dari 50, kebanyakan cuma temen-temen sekelas gue aja. Isi testimonialnya dikit soalnya gue apus-apusin gara-gara temen-temen gaul gue sekali ngirim testimonial banyak, isinya sama semua lagi. Seinget gue, cuma ada 10 testimonial dari temen yang ditampilin di profile, masa iya yang di tampilin testimonialnya dia semua dengan isi yang sama. Risih ngeliatnya. Jadi, tanpa ragu gue apusin.

Gue juga jadi inget waktu gue jaman SMP, dimana setiap anak populer atau gaul kalo sms-an selalu di singkat-singkat dan di aneh-anehin bahasanya, pokoknya semakin sulit dibaca, makin gaul. Gue yang cuma anak cupu di sekolah, berusaha untuk ikut-ikutan gaul biar kaya temen gue yang laen.
Contoh gue sms waktu itu:
"Ayu, klmpok KTK lw udh pnuh blm? Gw msk klmpok lw dong, blh ga?" gue sms temen gue cewek yang populer di sekolah.
*15 menit kemudian*
"MaV rU Rep gi, bLumZz q0q, tnGgAl 2 rAng Gie. Leh q0q, YaUdZz kLu gTu, w bLanG mA yG LaEn dLu y" bales dia.
"Buset, apaan tuh 'mav ru rep'? Parah, gimana mau di bilang gaul ini" gue kebingungan.
"Cuy, mav ru rep arti ny ap?" gue nanya temen deket gue (yang cupu juga) lewat sms.
"Wduh, ga tw gw, bhs inggris x tuh, tnya ayu aj atw ank yg laen mrka psti tw" bales dia. Gak ngebantu, salah gue sih, nanya ama yang sederajat.
 "Yu, mav ru rep tu arti ny ap si?" gue sms Ayu lagi. Yap, gue lagi belajar gaul atau, belajar alay.
"Wkwkwkwk, mAv rU ReP tU aRtiNy maAv brU rEpLy, mA Ja kYa SoR baRbaLs" bales dia.
"Anjing, apaan lagi ini 'sor barbals'?" gue makin bingung.
"Klw sor barbals tu ap?" gue nanya lagi.
"Wkwkwkwk yA amPuN Gi, sOr BaRbaLs Tu aRtinY SorRy BrU bLeS" jelasnya lagi.
"Oh, hha maap, gw ga tw hhe"
"Y, GpP Gi" Ayu memaklumi gue yang udah jelas anak cupu di kelas.
Emang gak bakat jadi anak gaul gue ini.

Sekarang, yang kaya begitu malah di bilang alay dan ditatap dengan tatapan hina. Gue bingung, emang orang-orang sekarang ini, terutama yang seumuran ama gue, pada gak nyadar kalo dulu mereka kaya gitu? Malah mereka duluan kan yang bikin populer tulisan begitu dulu. Okay, gak semuanya dari mereka, tapi gue yakin banget sebagian besar dari mereka pasti pernah ikut make tulisan kaya gitu, terutama yang udah gaul dari dulu. Cuma pada gak mau ngaku aja.

Untung dulu gue cupu, jadi gue gak pernah sampe jadi alay sepenuhnya. Paling yaah, setengah atau seperempatnya ahahaha.

Benerkan? Sesuatu yang dianggap gaul atau keren, bakal dibilang alay atau ababil di masa yang akan datang. Mungkin Instagram juga akan ditinggalin nanti, tungguin aja sampe anak-anak ababil pada punya android atau iPhone buat nge-akses Instagram. Tapi untungnya ada Instagram, kalo enggak ada, nanti anak ababil pada maenan kamera DSLR lagi, pada sok jadi fotografer, moto ini itu, tapi lensa standar dengan gaya profesional abis, udah gitu gak ngerti pake manual lagi hahaha. Emang udah ada sih yang kaya gitu, tapi masih dikit banget. Biasanya mereka udah ngerasa fotografer banget kalo udah take photo pake efek 'black and white' dengan mode 'auto' atau 'program' tanpa ngerti apa itu ISO, Aperture, Speed Shutter dan segala macam istilah fotografi yang gue gak ngerti haha. Hayooo ada yang ngerasa gak?

Semoga alay dan anak ababil gak tertarik ama kamera DSLR, karena .......... gue tertarik! Gue mau belajar! Gue gak mau nanti kalo udah cape-cape nabung, pas beli, gak taunya udah jamannya kamera DSLR dibilang alay. Anjrit.

Yaudah, itu semua sih dari pandangan dan pengalaman gue aja, maap kalo ada yang kesindir, gak maksud kok, suer hahaha. Okay, segini aja posting gue kali ini, bye~

Sumber gambar:
http://www.7elevenid.com/Contact.html
http://pfamoustar.blogspot.com/p/home.html
 http://4thwioko.blogspot.com/2012/06/friendster-facebook-twitter.html

1 komentar:

ko cuma baca doang? di komen laaaaah..

Pengen Punya Mobil