"Hey! I'm Eggy. Thank's for visiting ga je Blog! Please have a seat and make yourself comfy while reading my blog."

Kamis, 31 Oktober 2013

Arti Warna Bendera Pada Balapan


Suka nonton Grand Prix? Kayak MotoGP atau Formula 1? Kalo suka, pasti pernah liat dong kadang suka ada bendera yang dikibarkan ama Marshal atau pengawas balapan. Biasanya bendera yang dikibarkan itu sebagai peringatan atau penanda balapan telah berakhir atau dihentikan. Bendera-bendera ini bisanya dikibarkan ditempat yang mudah dilihat, seperti pada saat turn atau tikungan, corner atau dipojok-pojok sirkuit, di garis start dan titik-titik strategis lainnya.


Nah, kali ini, gue mau bahas dikit tentang bendera-bendera yang suka dikibarin oleh Marshal atau pengawas balapan. Okay, kita mulai.

1. Chequered Flag / Bendera Papan Catur

Bendera ini dikibarkan ketika balapan telah selesai. Dalam sesi latihan atau kualifikasi, bendera ini dikibarkan sebagai penanda waktu latihan atau kualifikasi telah habis. Pada saat balapan, bendera ini dikibarkan sebagai penanda balapan telah selesai. Bendera ini akan dikibarkan di garis finish, pembalap pertama yang berhasil melihat bendera ini dan berhasil melewati garis finish akan dinyatakan sebagai pemenang.

2. Bendera Kuning
http://hermawayne.blogspot.com

Bendera ini dikibarkan ketika ada pembalap yang meninggal atau sedang dalam keadaan duka karena salah seorang kerabatnya ada yang meninggal. Enggaklah!!

Bendera ini dikibarkan sebagai peringatan karena ada bahaya misalnya ada mobil atau motor rusak dan berapa di tengah lintasan/sirkuit. Kalo 1 bendera kuning dikibarkan, berarti setiap pembalap harus memperlambat lajunya. Kalo 2 bendera kuning dikibarkan, berarti setiap pembalap harus memperlambat lajunya dan bersiap untuk berhenti jika diperlukan.

Oh iya, selain itu, jika bendera kuning ini dikibarkan, pembalap dilarang untuk over taking/menyalip atau membalap pembalap yang ada di depannya.

3. Bendera Hijau
http://hermawayne.blogspot.com

Jika bendera ini telah dikibarkan, itu berarti bahaya telah teratasi dan bendera kuning pun dicabut.

4. Bendera Merah
http://hermawayne.blogspot.com

Jika bendera ini dikibarkan, berarti balapan akan dihentikan. Biasanya sih bendera ini dikeluarin kalo ada kecelakaan fatal saat balapan berlangsung.

5. Bendera Biru
http://hermawayne.blogspot.com

Bendera ini dikibarkan untuk memberi tau salah seorang pembalap bahwa dia akan di over lap. Pembalap yang mendapat petunjuk bendera ini juga harus membiarkan pembalap lain yang akan meng-over lap untuk menyalipnya. Jika pembalap ini tidak mengindahkan petunjuk dari bendera ini sampai 3 kali, maka pembalap ini akan dikenakan hukuman.

6. Bendera putih
http://hermawayne.blogspot.com

Bendera dikibarkan untuk memberi peringatan bahwa ada safety car di dalam lintasan. Tapi dalam Moto GP, bendera ini berarti setiap pembalap harus kembali ke dalam pit untuk mengganti motor dengan ban basah. Biasanya karena awalnya balapan dinyatakan "Dry Race" atau balapan dengan kondisi kering, tapi saat balapan berlangsung tiba-tiba hujan turun dan balapan dinyatakan "Wet Race".

7. Bendera Hitam
http://hermawayne.blogspot.com

Biasanya bendera ini dikibarkan dengan nomor salah satu pembalapnya. Bendera ini menandakan si pembalap harus kembali ke dalam pit. Bendera ini berarti pembalap dengan nomor yang dikeluarkan bersamaan dengan bendera hitam telah didiskualifikasi atau dikeluarkan dalam lomba.

8. Bendera Hitam Putih
http://hermawayne.blogspot.com

Bendera ini uga dikibarkan bersamaan dengan nomor salah satu pembalap. Bendera ini dikibarkan untuk memberi peringatan kepada pembalap bahwa ia melakukan tindakan yang kurang sprotif atau curang. Jika pembalap tidak memperdulikan peringatan ini, maka pembalap tersebut akan menerima bendera hitam.

9. Bendera Hitam dengan Lingkaran Jingga di tengahnya
http://hermawayne.blogspot.com

Bendera ini dikibarkan bersamaan dengan nomor salah satu pembalap. Bendera ini digunakan untuk memberi peringatan kepada pembalap bahwa ia mengalami masalah teknis dan ia harus kembali ke dalam pit.

10. Bendera Putih dengan Tanda Silang Merah dan Bendera Kuning Merah
 
http://hermawayne.blogspot.com

Bendera ini dikibarkan untuk memberi tau pembalap bahwa lintasan menjadi licin. Biasanya disebabkan oleh oli atau minyak yang tercecer atau ketika hujan turun.

Sumber:

1 komentar:

  1. Suka nonton Grand Prix? Kayak MotoGP atau Formula 1? Kalo suka, pasti pernah liat dong kadang suka ada bendera yang dikibarkan ama Marshal atau pengawas balapan.
    LukQQ
    Situs Ceme Online
    Agen DominoQQ Terbaik
    Bandar Poker Indonesia

    BalasHapus

ko cuma baca doang? di komen laaaaah..

Pengen Punya Mobil