"Hey! I'm Eggy. Thank's for visiting ga je Blog! Please have a seat and make yourself comfy while reading my blog."

Minggu, 27 Juli 2014

Sidang PI Selesai, Mari Kita Lebaran

Hai besok lebaran nih haha, cieeeee, udah pada beli homyped baru? Dapet mainan apa? Hahaha lupa, itu mah jaman masih anak-anak dulu ya, sekarang kan udah dewasa. Jadi, udah dapet pacar baru? Hahahahahahaha sorry, sorry.

Berhubung besok lebaran, bukan berarti gue mau post tentang persiapan lebaran besok ya haha. Kali ini gue mau cerita tentang sidang Penulisan Ilmiah gue. Yak, hal yang udah menyita banyak waktu gue sampe-sampe gue jarang ngepost. Gak juga sih, emang gue nya aja males hahahaha.

Jadi, hari selasa kemarin, tanggal 22 juli 2014 . Gue akhirnya sidang PI atau Penulisan Ilmiah. Yap, tentu aja setelah gue daftar seminggu sebelumnya. Sengaja gue ngambil tanggal sidang sebelom lebaran karna gue gak mau libur lebaran kepikiran masalah sidang. Gue ama temen gue, panggil aja Nae, nyiapin semua keperluan, dari foto, slide presentasi, makalah rangkap 3 dan sebagainya. Hampir semua temen kelas gue doain gue sukses sidang plus nanya "Lo pasti deg-degan yak gi?" atau "Kenapa gak abis lebaran aja sih? Buru-buru banget."

Kalo ditanya deg-degan atau enggak, jujur gue gak deg-degan sedikit pun, gak khawatir, gak psikosomatis. Mungkin karna gue udah nyiapin mental. Hmmm, atau mungkin karna gue ngerasa bodo amat ama sidang haha. Gue mulai deg-degan baru 10 menit menjelang sidang, itu juga karna gue denger mahasiswi yang sidang sebelum gue ama Nae dicecar pertanyaan ama penguji. Jam 13.00, gue ama Nae sampe di depan ruang sidang. Ternyata tinggal gue berdua mahasiswa manajemen ekonomi yang belom sidang hari ini. Tinggal berdua. Gue emang berdoa biar lancar sidangnya, tapi gak selancar ini juga, gue aja belom baca-baca lagi materi gue.

Gue ama Nae masuk untuk absen sebelom sidang. Ternyata ketiga dosen penguji lagi pada nyantai-nyantai nungguin sisa dua mahasiswa manajemen yg mau sidang. Yap, gue ama Nae.

"Isnaen ama Eggy ya?" tanya salah satu dosen penguji.
"Iya bu."
"Yaudah langsung deh, hmm, dari Isnaen dulu." Dosen penguji itu langsung siap-siap.

Gue pun keluar ruangan nunggu Nae selesai. Sambil deg-degan, gue ngerapihin rambut gue yang biasanya acak-acakan karna gak pernah disisir. Gue coba buat baca sedikit materi gue lagi. Gak sampe 10 menit, Nae keluar nyengir-nyengir sambil bawa bahan presentasi.

"Men, udah tuh, masuk sana, sebentar doang, pengujinya juga enak kok, selaw, " kata Nae sumringah.
"Ada revisi?" tanya gue.
"Banyak haha."

Gue pun masuk ke ruang sidang. Ngebagiin makalah ke penguji dan nyiapin slide presentasi. Agak gugup sebenernya. Setelah gue buka dengan salam dan perkenalan, gue mulai menjelaskan PI gue, mulai dari alasan gue ambil tema, metode yang digunakan, tujuan dan segala macamnya, tapi sayangnya gak satu penguji pun yang perhatiin gue. Yaa, gue sih gak masalah karna emang biasa gak ada yang perhatian , gue malah seneng karna gue jadi lebih enjoy jelasinnya.

"Stop sampai disitu. Ini metode simplekskan?" penguji 1 memotong penjelasan gue.
"Iya bu,"
"Tabel penggunaan bahan bakunya mana? Gak kamu masukin?" tanya dia lagi.
"Enggak bu, saya kirain itu gak perlu. Soalnyakan udah termasuk di fungsi kendala."
"Oh iya, ini rumusan masalah yang kedua tolong dihilangkan saja ya, karena ini seharusnya sudah termasuk ke dalam rumusan masalah yang pertama." Tambah penguji 2.
"Silahkan dilanjutkan."  kata penguji 1.

Gue lanjut menjelaskan tabel-tabel perhitungan. "Langsung ke hasil akhir aja," penguji 1 memotong penjelasan gue lagi. Gue langsung nunjukin tabel hasil akhir setelah perhitungan dan mulai menjelaskan.

"Tunggu sebentar, itu kok produk X1 nya nol? Gak diproduksi lagi dong?" tanya penguji 1.
"Iya bu, sesuai dengan perhitungan simpleks."
"Lah berarti mengecewakan konsumen dong?" penguji 3 nambahin pertanyaan.
"Tapi kan perusahaan bisa menghasilkan keuntungan lebih pak." Gue mencoba membela diri.
"Ya gak bisa begitu dong, kan sebagian konsumen lebih milih produk X1," sanggah penguji 2, "gak mungkinkan kita maksa orang buat beli produk X2 atau X3 sedangkan dia pengennya beli produk X1."

Gue diem. Mati kutu. Gue langsung keinget beberapa hari lalu pas Maski kerumah gue ngeluh hasil akhirnya ditolak dosen pembimbing.

"Men, ini gimana? Masa kata DP gue produknya gak boleh ada yang nol, mengecewakan konsumen katanya.
"Kok gak boleh? Boleh itu harusnya. Ah, DP lu payah sih gak ngerti simpleks, gue liat di PI orang yang udah hard cover aja ada kok yang salah satu produknya nol. Gak masalah."
"Tapi DP gue gak mau begitu, dia maunya semuanya harus tetep diproduksi."
"Kita pake riset operasional, tugas kita cuma melakukan riset bagaimana mengkombinasikan produk biar keuntungan perusahaan maksimal, itu aja. Masalah keputusannyakan ada ditangan general manajer. Bilang aja gitu, lu kan biasanya jago ngeles."
"Lu kan tau DP gue gimana, dibelakang bisa ngata-ngatain, sok-sok debat yang bener gimana, tapi pas ketemu juga, asalamualaikum bu, sambil cium tangan." Maski bete.
"Becanda mulu DP lu."
"Anjing, becanda."

"Mas, jadi gimana ini? Apa alternatif yang akan diajukan ke pihak manajemen tanpa mengecewakan konsumen?" penguji 1 negor gue yang lagi ngelamun.
"Hemm, jadi setelah melakukan perhitungan, pihak manajemen memutuskan untuk mengurangi produk X1 lalu menambah jumlah produksi produk X2 dan X3." Gue mencoba ngeles lagi.
"Mengurangi? Nol itu bukan mengurangi lagi loh mas, tapi memberhentikan, meniadakan." Penguji 1 terus mencecar gue dengan pertanyaan.
"Hmm, hmmmmm," gue keabisan kata-kata buat ngeles. "Damn, pasti gara-gara gue ngeledek DP-nya Maski ini, jadi kualat." kata gue dalem hati.
"Kalo menggunakan metode simpleks kelemahannya ya begini, cuma mementingkan data produksi tanpa memikirkan kepuasan konsumen." Penguji 1 memaklumi gue karna ngeliat muka gue udah pongo gak bisa jawab.

Tadinya mau gue bales, "Ya jelaslah bu, kan saya cuma melakukan riset bukan memutuskan." tapi gak jadi karena bisa panjang urusannya. Sementara gue pengen cepet-cepet selesai.

"Yaudah, ditutup aja mas. Sekalian tolong panggil Isnaen." kata penguji 1.

Gue keluar ruangan. Jalan buru-buru, masih nyesel karena kesombongan dan sifat arogan gue. Parah, malu banget gue. Gue nyamperin tempat Nae duduk, ada Maski ama Linda juga.

"Fuck, gara-gara ngetawain elu nih gue." kata gue sambil nunjuk Maski.
"Bah, kenapa lu men? Haha. Ditanyain apa lu tadi??" Maski bingung ngeliat gue.
"Entar gue ceritain, goblok banget gue asli. Nae lu disuruh masuk lagi." kata gue buru-buru.

Setelah gue ama Nae balik lagi kedalem ruangan, kita dikasih kontak dari salah satu penguji sebagai DP baru. Buat revisi lagi sebelom PI di hard cover. DP gue yang baru adalah penguji 2. Seorang dosen yang dari dulu sering gue katain Borsalino atau Kizaru karena gayanya mirip salah satu karakter yang ada di anime One Piece. Orangnya nyantai, ramah, baik lagi, jadi ngerasa bersalah gue sering ngatain dia.

Luar biasa dah sidang hari itu. Dari dulu gue ditanya temen-temen gue, "Kenapa ngambil Riset Operasional? Kenapa gak yang gampang aja kayak Kepuasan Konsumen atau Keputusan Pembelian?". Gue selalu jawab, "Penguji itu jarang yang ngerti RO, mereka pasti gak banyak nanya yang ribet-ribet, makanya gue ambil itu." Gue bisa bilang begitu karena denger langsung dosen RO gue yang bilang begitu. Dari dulu juga gue sering ngatain pak Supriyo, penguji 2 gue, padahal masuk kelasnya aja gak pernah. Gue juga ngatain DP-nya Maski, bu Izzati DP becanda. Gue ngetawain Maski.

And on that day, ternyata ketiga penguji gue ngerti RO dan simpleks. Revisi PI gue diperiksa pak Supriyo. Alasan bu Izatti gak ngebolehin Maski yang metode PI-nya sama kayak gue itu bener. Gue dicengin dan kayaknya mereka agak ketawa karena gue gak bisa jawab pertanyaan mereka yang terakhir itu. Dude, it feels like, gue nabung dosa yang banyak lalu dibayar lunas dalam beberapa menit di dalam ruang sidang. God exist! Karma berlaku!

Oh iya, buat kalian yang gak tau Borsalino itu kayak gimana, ini dia.




Yap, potongan rambut, kacamata dan gaya-gayanya mirip banget, cuma pak Supriyo itu agak gemuk. Maaf ya pak disamain ama tokoh anime.

Yah, sudahlah, mau gimana lagi? Emang gue yang banyak dosa, suka arogan. Harus tobat gue ini. Buat pak Supriyo, bu Izatti, Maski dan semua yang pernah gue katain dan ketawain, maaf ya, maaf banget. Mulut saya emang suka iseng.

Pesan gue buat temen-temen gue yang pada mau sidang, banyak-banyak berbuat baik deh. Jangan suka ngatain orang haha. Buat semuanya juga deh, pokoknya jangan sering-sering ngomongin apalagi sampe ngatain orang, dosa, hati-hati kualat.

Sekalian deh, besokkan lebaran, jadi gue minta maaf ke kalian kalo gue pernah bikin salah atau menyinggung perasaan. Maaf banget yaaaa. Selamat hari Idul Fitri 1435 H, mari meraih kemenangan.

Sampai jumpa di post gue berikutnya. Bye~

Sumber gambar:
https://warosu.org/cgl/thread/7506468
http://pt.onepiece.wikia.com/wiki/Borsalino

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ko cuma baca doang? di komen laaaaah..

Pengen Punya Mobil