"Hey! I'm Eggy. Thank's for visiting ga je Blog! Please have a seat and make yourself comfy while reading my blog."

Selasa, 31 Maret 2015

Bring It On!

Daaaaaaann disinilah gue berada. Di tengah-tengah lobby kampus. Feels like it's been a loooong time since my last post. So, ummm, apa kabar? Masih suka mampir ke ga je Blog? Wow, setia banget hahaha. sorry banget gue makin jarang post. Sekalinya post lagi malah gak guna, gak lucu. Sorry.

Tugas kuliah lagi berat. Gue lagi fokus sama kuliah, maklum semester akhir. Nope, bukan sibuk skripsi, bukan. FYI, gue gak skripsi. Heran? Pasti. Tapi mungkin enggak kalo lo juga kuliah di Gunadarma. Jadi, untuk mahasiswa semester akhir ada 2 jalan untuk lulus. Jalur skripsi dan kompre. Keduanya tetep sidang. Bedanya, skripsi tetaplah skripsi, disusun, diteliti, dianalisa, dan lain lain. Gak semua orang bisa seenak jidat pilih jalur skripsi, ada persyaratan khusus, Sedangkan kompre atau comprehension artinya, pemahaman. 

Mahasiswa yang ikut jalur kompre, dituntut untuk paham dengan beberapa mata kuliah yang diujikan. Gue misalnya --bedebah dari kelas manajemen-- yang ikut jalur kompre. Di sidang nanti, gue akan diuji tentang beberapa mata kuliah yg penting dan berhubungan langsung dengan masalah manajemen. Gue disuruh milih 3 mata kuliah untuk dipahami dan diujikan, seperti manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen sumber daya manusia, perilaku keorganisasian dan ada beberapa mata kuliah lain yang bisa dipilih.

Ada yang bilang, biasanya yang pada sombong skripsi, kompre mah gampang, gak ribet neliti-neliti ini itu, tinggal belajar terus di tes. Biasanya dengan tambahan, "gue nih skripsi, ribet, neliti dulu, nyusun juga, bolak-balik nyamperin dospem yang ujing-ujungnya revisi. Capek coy." Pala lo somplak. Ini 3 mata kuliah anjing, materinya gak sedikit. UTS aja yang kadang dikasih kisi-kisi lo masih ketar-ketir. Gimana 1 mata kuliah 1 pertanyaan. Materinya random. Lah skripsi mending, yang ditanya gak jauh-jauh dari yang ditulis atau diteliti, pasti lulus juga. Lah kompre? Etdahbuset, pertanyaan yang bakal keluar kagak tau apaan. Mending ditanya teori doang, lah kalo diminta contohnya? Disuruh jelasin sampe penguji bener-bener paham maksud kita? Tewas lo gak bisa jawab. Kagak lulus.

Gak usah mentang-mentang syarat skripsi itu IPK harus tinggi jadi lo anggap kompre itu mudah dan yang kompre lo anggap orang-orang bodoh. Oh iya, sorry, sorry, gue agak kebawa hahahaha. Iya, jadi yaaaaa, asal tau aja kompre sama skripsi itu sama-sama susah.

Kalo sama-sama susah, kenapa lo gak ngambil skripsi gi? Kan lebih enak diliat kalo lulus, ada buah tangannya.

Jujur, dulu gue pengen banget skripsi, demi tuhan dah, pengen banget, dulu juga udah usaha banget ngejar nilai biar IPK gue nyampe ke syarat skripsi. Walau nilai masih agak-agak kurang, gue masih punya kesempatan untuk ngajuin proposal skripsi.

Lah? Itu bisa kan lo sebenernya? Terus kenapa jadi kompre?

Nah itu dia. Semester kemaren, ada dosen gue yang ngejatohin banget semangat gue buat skripsi.Ditambah lagi gosip-gosip yang beredar. Dan bodohnya gue ngedown dengernya. Ya maklumlah, lagi bingung-bingungnya masalah skripsi, lagi ngos-ngosan ngejar syarat dan di press terus, sampe akhirnya jatoh juga.

Gini, semester kemaren ada dosen yang bikin semangat gue jatoh banget. Tunggu sebelomnya gue mau bilang kalo di kampus gue ada yang namanya Ujian Mandiri atau biasa disebut dengan UM. Ini semacam ujian remedial pake computer dengan sistem khusus yang memuat banyak pertanyaan dan ujian ini bayar, pake voucher, semacam tiket.

Naaah, dosen gue itu bilang, percuma kalo ngejar nilai buat bisa skripsi pake UM, gak ada gunanya, gak akan kuat kalian skripsi. Saya ini penguji dan bla bla bla, mulutnya mulai berkicau. Jatohlah semangat gue karna jalan satu-satunya kejar nilai biar bisa skripsi adalah UM.

Di sisi lain uang gue juga gak banyak untuk ikut ujian yang belom tentu lulus itu. Serba tertekan, serba melelahkan dan akhirnya gue mutusin buat kompre. Persetan gue gak punya buah tangan setelah lulus. Yang penting gue lulus. Setelah tau banyak temen gue yang ikut kompre, sakit hati gue mulai terasa terobati perlahan-lahan.

Well, gue rasa gue harus semangat lagi. Bukan buat skripsi, tapi buat lulus tepat waktu. Gue mungkin akan babak belur nanti dihajar pertanyaan dari dosen penguji tapi gue harus bertahan. Maju, mati ya mati sekalian. Seenggaknya gue lulus. Penghabisan mission chapter kuliah. Be the real fighter.

Kompre? Bring it on!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ko cuma baca doang? di komen laaaaah..

Pengen Punya Mobil