"Hey! I'm Eggy. Thank's for visiting ga je Blog! Please have a seat and make yourself comfy while reading my blog."

Jumat, 05 April 2019

2019, Tahun Baru Penuh Tantangan


Ooooooooooooooooooooooooohhh, hey folks!! Tahun baruuuu semangat baruuuu!! Mudah-mudahaaan, hahaha. Udah lama gak posting, posting lagi udah ganti tahun lagi dan bahkan ini udah bulan April, haduh. Mon maap atas kurangnya konsistensi menulis makin sekarang ini.

So, apa kabar? Gue doain semua semoga baik dan sehat aamiiin. Gue alhamdulillah sehat luar biasa. Banyak yang udah gue lalui dari post terakhir. Tanggal 17 November 2018 kemarin, akhirnya gue nikah sama wanita yang udah hampir 4 tahun gue pacarin. Akadnya berjalan lancar, resepsinya berjalan lancar dan acara ngunduh mantu pun berjalan lancar, syukur alhamdulillah.

Gimana rasanya nikah coy? Rasanya nikmat tak terkira. Hari pernikahan gue itu jadi hari paling indah yang pernah gue alami. Bukan gombal, ini jujur gue bilang sama lo, ini yang bener-bener gue rasain.

Pagi itu gue udah rapih pake baju pengantin dari jam 6 pagi. Jujur gue ngerasa biasa aja gak deg-degan sama sekali. Gue bahkan sambil nonton tivi, sambil main game dan pagi itu gue bener-bener gak mau ngurusin apa-apa. Beda sama waktu lamaran yang mana pagi-pagi gue mesti ngegas motor ambil pesenan bunga buat dibawa. Pagi itu bener-bener kepikiran yang terjadi ya terjadilah, mau ada kurang atau apa, gue gak mau urus karena nantinya gue yang gak puas sendiri. Semua gue serahin ke sodara-sodara dan panitia.


Akad dijadwalkan jam 10 pagi, tapi kalo gak salah gue dan rombongan jam 9 kurang udah sampe karena sebelom akad ada acara sambutan dan tetek bengek lainnya. Beberapa temen gue udah dateng dan duduk di bangku undangan. Mata-mata yang menyapu seluruh dekor tenda, ada juga yang merhatiin gue gak lepas-lepas. Selesai acara sambutan dan pengalungan melati, gue dianter ke meja akad oleh calon mertua dan selanjutnya akan gue panggil Papa dan Mama. Gue sama Papa duduk di meja akad sambil nunggu pak penghulu. Tunggu maksudnya bukan duduk di mejanya ya, tapi di bangku khusus dan ada mejanya juga buat akad. Yaa, udah pada pinterlah untuk tidak mengkritisi hal yang udah masuk ke dalam nalar.
"Gy, kita nunggu penghulunya dulu sebentar gapapa ya? Tadi udah ditelponin katanya udah dijalan kemari pake motor." Papa mukanya tegang.
"Iya pa, gapapa." Jawab gue, yang katanya muka gue tegang juga.

Ada yang unik disini, jadi posisi duduknya Papa gak hadap-hadapan sama gue, justru gue hadapan sama penghulu, Papa di sebelah pak penghulu. Sebelah gue ya jelas buat bini gue lah, Mantap sekarang ngomongnya bini bukan pacar lagi.

Gue tau kenapa Papa gak mau hadapan sama gue. Papa itu orangnya sensitif dan mudah tersentuh, sama aja kayak gue. Nah, udah jauh-jauh hari Papa pesen ke bini gue ini, katanya gak mau kalo dia yang ijab, takut nangis. Karena waktu lamaran aja Papa udah nangis waktu jemput bini gue. Bini gue sewot, "ya gak bisa gitulah, kan orang tuanya masih ada, masa diwakilin." 

Penghulu hadapan sama gue dan Papa disebelah kanan

Begitu akad, gue udah siap dengan hapalan gue sesuai waktu pelatihan pranikah dulu di KUA Gunung Putri. "Saya terima nikahnya Nabilla Kalis Agviatri putri bapak, dengan mas kawin 13 gram emas dibayar tunai." gue sempet bisik ke diri gue sendiri untuk ingetin lagi. Loh loh loh? Kok "putri bapak? Bukan pake binti?" Menurut KUA disana, kalo yang nikahin itu langsung bapaknya bilangnya gitu, kalo diwakilin baru pake binti, ya gue juga cuma diajarin, kalo mau nanya-nanya lebih lanjut silahkan datang ke KUA Gunung Putri hahaha. Gue juga ulangin lagi kalimat qobul yang pake binti kalo aja penghulunya yang wakilin.


Setelah basa-basi, penghulu ngeluarin kertas yang isinya kalimat ijab dan kalimat qobul. Yang kalimat Ijab langsung disodorin ke Papa berikut dengan mic nya, yang kalimat qobul dikasih ke gue yang udah siap-siap pegang mic. Gue sempet baca sedikit, bagian mas kawinnya pake kata "tersebut" jadi lebih pendek dan mudah. Okay, gue pun berniat untuk ikutin yang di kertas karna lebih pendek. Begitu jabat tangan sama Papa, kita berdua ribet sendiri, karna duduknya nyilang gak hadap-hadapan. Niat awal mau diwakilin malah disodorin haha. Kertas qobul pun udah sampe keselip-selip di ketek gue, boro-boro mau baca. Untungnya gue udah hafal dan tinggal ganti pake kata "tersebut", beres. Tapi begitu eksekusi, papa baca kalimat ijab dari kertas dengan suara udah goyang-goyang nahan nangis, "waduh, gawat papa suaranya udah goyang," kata gue dalem hati. Sempet hampir blank pas tangan gue dipencet penghulu untuk kasih kode biar langsung gue sambung kalimatnya. Coy kaget coy biar cuma dipencet doang namanya lagi tegang hahaha. Tapi alhamdulillah ternyata gak perlu diulang, cukup sekali. Wow gentle sekali saya ini hahaha. Bangga gue bisa kendaliin tegang gue sendiri.


Setelah itu Bibil, bini gue yang cantik banget ini dijemput dan dianter ke meja akad sama panitia. Wow, itu bener-bener pemandangan luar biasa. Gue cuma bisa terpana berdiri di meja akad. Wait. Mon maap lagi nih, bukan berdiri di atas meja akad ya, tapi di sebelah meja, ya gitulah, logika aja mainkan, jangan kritis-kritis amat ya haha. Yaa pokoknya setelah itu ada ceramah, nasihat dan lain-lain. Undangan bisa langsung coffee break sambil nunggu jam 1 siang untuk acara resepsi, walaupun adanya fanta dan bukan kopi.

Acara resepsi pun meriah, rame ampe sore. Bahkan malem masih ada juga yang dateng walau udah tertera di undangan cuma sampe jam 5 sore. Sempet terharu juga waktu mulai cara resepsi masuk jalan pelan-pelan sambil setel lagunya Maliq & D'Essentials yang judulnya Inilah Kita. Sempet jamming bareng juga ama Alaindelon pas acara selesai. Pokoknya hari paling indah dalam hidup gue itu ya hari pernikahan gue itu. Kalo ditanya capek, ya jelas capek banget. Kalo orang dulu ada namanya dipingit gak boleh kemana-mana, ini gue masih mondar mandir di H-2 untuk sebar undangan, untuk cari ini cari itu, print susunan acara, urus tenda, urus foto, bikin cerita pengiring saat gue jalan masuk resepsi waaaaah, serba keteter pokoknya. Gue ama bini gue sama-sama kerja, sibuk lebih parahnya lagi jam kerjanya beda, gue libur dia masuk, gue masuk dia libur. Ibu gue pun kerja, Mama pun repot jaga cucu ada dua gak bisa mondar-mandir. Alhasil keteter, capek tapi super puas.

Malemnya pun gue langsung pulang ke rumah dan kali ini, Bibil ikut ke rumah gue dan tidurnya udah sama gue. Malem itu lagi capek-capeknya mesti bawa-bawa barang, baju untuk Bibil tinggal di rumah gue. Gak semua tapi beberapa karna capek banget. Ditambah lagi, besoknya langsung acara ngunduh mantu. Untungnya di gedung dan pake WO, jadi tinggal bawa badan aja.

Download Daughter in Law / Ngunduh Mantu

Ngunduh mantu pun berjalan lancar alhamdulillah, undangan banyak dateng, makanan gak kehabisan, temen-temen juga dateng. Sukses banget pokoknya, dari dekor, baju dan rias, makanan, foto susunan acara, semuanya rapih. Makasih banget buat Mba Nita yang urusin semuanya di acara ngunduh mantu. Gue akan kasih kredit nanti dibawah untuk semua ketring, dekor, tenda semua yang udah terlibat di acara pernikahan gue dan acara ngunduh mantu. Tapi sebelumnya gue mau share foto-foto duluuuuuuu hehe.






Nooo, ejaan nama gue salah :'(



Okaay, itu sedikit untuk foto-foto gue hehe. Foto-foto yang pake baju nasional itu hari pertama atau resepsi pernikahannya, di hari kedua atau ngunduh mantu itu pake baju adat jogja. Bukan orang jogja tulen sih gue, tapi menghormati Ayah gue yang keturunan jogja. Oh iya, seperti yang gue janjikan gue akan kasih kredit untuk WO dan semua yang udah berpartisipasi di acara gue ini.

Di hari pertama atau akad & resepsi, gue bikin acara di rumah, tapi sumpah gue puas banget pake tenda dari WO Amalia Helaudo (cek ig: @amaliahelaudo). Tendanya bagus dan terlihat mewah banget, bener-bener tenda tertutup dan full carpet. Kita juga bisa request macem-macem lagi, tinggal cari ide di pinterest dan utarain saat rapat desain tenda dan mereka akan bikin yang lebih bagus dan gak jiplak dari gambar yang kita unjukin, jadi setiap customernya amalia ini selalu beda desain tenda dan pelaminannya, spesial banget. MUA juga masih dari Amalia Helaudo (cek ig: @helaudomakeup) yup Amalia Helaudo ini bisnis keluarga, tapi demi apapun mereka ini total banget kalo kerja. Baru kali ini gue tau kalo ada WO yang jauh lebih cerewet dan perfeksionis dari customernya. Mereka akan ngoceh kalo kitanya asal-asalan dalam pilih konsep atau kita selebor. Maklum coy, mereka kan juga dapat nama nantinya kalo bagus, yang artinya nambah customer lagi. Pokoknya untuk Amalia Helaudo terima kasih banyak karna kalian udah total banget nanganin pernikahan gue. Sukses terus. Buat kalian yang cari rekomen untuk acara pernikahan daerah Bekasi dan sekitarnya, Amalia Helaudo ini amat sangat gue rekomendasikan.

Untuk catering, gue gak pake Amalia Helaudo walaupun katanya rasanya enak banget. Gue pake kenalan dari Mama, dia punya catering rumahan dan udah jadi langganan Mama dari dulu kalo punya acara. Harganya jauh lebih miring dari Amalia Helaudo, tapi rasa gak akan kalah. Sayangnya gak ada instagram-nya dan cuma bisnis rumahan jadi gue agak susah kasih kredit, sorry.

Lalu untuk sesi foto dan dokumentasi, gue pake Omah Wedding (@omahwedding), rekanannya Amalia Helaudo, gak termasuk dalam paket wedding, tapi Amalia Helaudo selalu rekomen Omah Wedding ini ke semua customernya. Gue juga puas banget sama hasil kerjanya, fotografernya masih pada muda, fun dan asik banget khas anak kota hahaha. Tau cara bikin ketawa biar pas ketawa atau senyum langsung di foto, karena banyak orang yang susah senyum, kayak gue misalnya. Mereka sering ngeledekin, becandain, ngobrol buat ngebangun suasana biar gak kaku. Karena ada fotografer gak bisa bangun suasana padahal hasil kerjanya bagus, tapi terlihat jelek karna orang yang difoto terlihat kaku atau canggung. Kerjanya juga cepet, begitu memori penuh langsung masukin ke laptop, batre abis langsung dicas dan tuker sama batre cadangan. Pas istirahat ganti baju ama sholat, kita jadi bisa langsung liat hasilnya. Album kolasenya bagus, videonya juga bagus, kita juga di kasih file mentah dan file yang udah diedit rapih biar bisa update di sosmed (ini kebutuhan jaman sekarang).

Tapi untuk prewed gue gak pake siapa-siapa, gue foto sendiri karna gue juga hobi motret. Tapi gak juga deng, gue ngajak temen gue, namanya Nae, drummer gue di Alaindelon band. Dia gue arahin sedemikian rupa biar bisa ambil gambar yang bagus. Hasilnya gue juga puas, bebas nyuruh-nyuruh dan ngarahin bikin gue ngerasa punya dua tangan tambahan. Dengan modal bakso dan jalan-jalan gue bisa prewed keren. Jadi kalo lo punya temen yang bisa motret atau minimal tau foto yang keren kayak apa, manfaatkanlah.

Masalah kartu undangan gue dibantu sama sodara yang punya usaha percetakan, karna kebetulan bini gue jago desain, jadi kartu undangan full desain sendiri, mereka tinggal cetakin doang, semua beres. Untuk suvenirnya bini gue dan mertua gue nyari langsung ke jatinegara, cari barang yang murah dan berguna bisa dipake sehari-hari. Sayang banget soalnya kita keluarin uang banyak untuk suvenir yang gak akan dipake atau malah dibuang. Suvenirnya juga gak diprint nama gue dan bini gue, tapi gue selipin kartu kecil ucapan terima kasih dan nama gue dan bini. Banyak barang suvenir bagus awet tapi gak kepake karna malu ada tulisan nama pengantin. Lagi, kartu ucapan terima kasih dan kupon suvenir juga desain dan print sendiri di rumah pake kertas yang agak tebal, lupa deh namanya apa. Kayak karton tapi bukan karton hahaha.

Di hari kedua, acara ngunduh mantu, lebih simpel karna gue udah capek dan ribet banget sama hari resepsi, jadi gue serahin semua sama WO gue Dewangga. Gue cuma minta di gedung Sartika Bekasi, karna dulu gue dan bini gue perpisahan SMA disana. Catering udah dari mereka gue tinggal pilih menu dan test food. Desain pun juga gue pilih-pilih saat test food, gue gak ambil pusing karna konsepnya adat dan udah pasti begitu-begitu aja, jadi gue screenshot instagram-nya Dewangga (cek ig: @cateringdewangga) lalu gue kirim ke mba Nita, orang super yang penuh planning dan total dalam organize acara gue. Untuk suvenir mba nita kasih kebebasan oleh cari sendiri atau pake rekanannya Dewangga yang udah termasuk paket. Gue pilih cari sendiri biar lebih leluasa milihnya, mba Nita kasih cash back untuk suvenir dengan catatan suvenir tidak lebih dari 5000 rupiah per buah (hitungan paket), jadi kalo lebih ya pake duit sendiri gak dari duit cash back.

Untuk kartu undangannya, gue pake rekanan dari Dewangga karna udah termasuk paket, tapi gue tetep harus dateng ke percetakan di Kramat Jati, Jakarta Timur untuk pilih desain. Yang ini gak desain sendiri lagi, tapi pilih yang udah ada. Sekali lagi gue bilang, nikahan gue serba keteter karna semuanya sibuk. Gue di pelabuhan tanjung priok, kerja shift siang malem gak kenal tanggal merah dan hari minggu. Bini gue ngajar, jadi guru SD Islam swasta di kranggan. Waktu dan tempat bikin susah urus ini itu. Jadi 2 minggu sebelum hari H akad nikah gue baru pilih desain undangan untuk acara ngunduh mantu di H+1. Super mepet, sampe gue minta status urgent biar seminggu jadi, untungnya pihak percetakan mau ngerti kondisi gue. Makasih banget untuk percetakan Tifa Grafika (cek ig: @tifagrafika) karna udah baik banget dan tetap memberikan hasil yang masksimal. Tifa Grafika keren.

Yang terakhir, gue mau kasih kredit untuk Republik Gambar (cek ig: republikgambar_official) karna sudah melayani prewed dan semua foto video dokumentasi selama acara ngunduh mantu. Ini enaknya di Dewangga, kasih paket WO tapi komplit udah semuanya, kita udah tinggal dikasih arahan ke rekanannya untuk bahas konsep dan desain. Di dalem paket udah termasuk sama prewed, sayang dong kalo gak diambil hahaha. Jadi prewednya gue gak pengen outdoor karna udah ada poto outdoor sendiri sama Nae, gue pun minta di studionya Republik Gambar yang ternyata ada di Bekasi. Studionya ada di komplek perumahan tahun 90an tapi rumahnya gede banget di hook. Di dalem rumah itu ada ruang make up, dan beberapa spot untuk foto. Setiap ruangannya dikasih konsep foto yang berbeda dari rustic, french sampai konsep serba pink. Yang serba pink ini bikin gue kagum, karna isinya ya kayak ruang kantor gitu ada sofa, meja komputer plus komputernya, lampu, meja dan semua dicat dengan warna pink, rata gak ada satupun yang belang. Keren banget kayak video klip gitu. Fotografernya juga asik, bisa bangun suasana biar gak kaku, bikin gue yang susah senyum jadi senyum kalo difoto. Kalo bini gue sih emang murah senyum dan biasa difoto juga, jadi foto dia bagus terus haha. Beda sama gue yang biasanya ada di balik kamera karna gak cocok di depan.

Tapi sayang, saat dokumentasi di hari ngunduh mantu fotografernya beda, kayak anak buahnya gitu. Dia kurang bisa bangun suasana, mungkin karna di gedung juga, waktu sebentar dan guenya sibuk salaman terus, emang undangannya sekali dateng rame dan terus hampir gak putus-putus sampe akhir acara. Kasian jadi susah dapet momen. Gue ama bini juga udah capek di hari pertama, udah kurang seger badannya, udah iya-iya doang diarahin foto. Hasilnya jadi agak kurang karna gue nya keliatan banget capek.

Yang paling gue suka dari Republik Gambar adalah saat penyerahaan foto berbingkai, album dan file mentah. Foto bingkainya bagus dan hebatnya album dan file mentah dan video dokumentasi dikasih pake koper vintage khas republik gambar. Woooow, keren banget. Bukan kaleng-kaleng coooy, ini koper bener bagus, kenang-kenangan banget.

Yaaaaaaah, overall gue puas banget sama dua hari itu. Keren banget. Pokoknya terima kasih banget untuk semua rekanan yang udah berpartisipasi di acara akad, resepsi dan ngunduh mantu gue. Kalian semua yang terbaik dan semoga bisnis kalian semua tambah maju, aamiiin. Terima kasih juga untuk semua temen-temen yang udah hadir di acara pernikahan gue, kalian luar biasa karna udah luangin waktu, nerjang macet cuma buat hadir di pesta pernikahan gue.

Well mungkin segini aja post gue di awal tahun ini, semoga untuk kalian yang lagi persiapan nikah dilancarkan, yang belom jadi cepet nikah dan yang belom kelihatan jodohnya semoga cepet dipertemukan. Aamiin. Okay, gue rasa sampe disini aja, sampai jumpa di post gue selanjutnya. Bye~

Again, thanks to:
Amalia Helaudo (@amaliahelaudo)
MUA Helaudo (@helaudomakeup)
Omah Wedding (@omahwedding)
Dewangga (@cateringdewangga)
Tifa Grafika (@tifagrafika)
Republik Gambar (@republikgambar_official)

1 komentar:

  1. What is the best casino? (1 of 5) - Drmcd
    If you 부천 출장샵 want to play games, the 인천광역 출장샵 Best Casino Sites and Best Roulette 여수 출장마사지 Sites. If you want 보령 출장샵 to place your bets online, 정읍 출장마사지 this is the place to be.

    BalasHapus

ko cuma baca doang? di komen laaaaah..

Pengen Punya Mobil